Inilah Sejarah Panjang Mobil Nasional Indonesia

'' Indonesia telah memiliki beragam mobil nasional yang berakhir tanpa pengembangan. Mobil Nasional memang memiliki sejarah yang sangat Panjang sekali, berawal dari era Toyota Kijang yaitu pada tahun 1975 sampai di era Pemerintahan Joko Widodo sebagai Walikota Solo pada tahun 2011 kita pernah mendengar tentang mobil Esemka, dan kini pemerintah telah bekerjasama dengan Proton Malaysia. '' Lalu  bagaimana perkembangan mobil nasional di negeri ini kedepan ? entahlah .............

  • Toyota Kijang
Meskipun merekToyotaberasal dariJepang, tetapi jangan remehkan mobil legendaris ini. Pembuatan dan perakitan mobil ini semuanya dilakukan diIndonesia. Mobil ini diluncurkan pada tanggal9 Juni1975dalam eventPekan Raya Jakarta1975. Peluncuran mobil ini dihadiri oleh Mantan Presiden RI,Soeharto, dan Mantan Gubernur DKI Jakarta,Ali Sadikin.

  • Maleo
Mobil maleo dibidani oleh menristekBJ Habibietahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau oleh masyarakat. Mesin yang berkapasitas 1200 cc 3 silinder, merupakan teknologi baru hasil kerja sama dengan perusahaan Australia (Orbital) yang menggabungkan teknologimesin 2 takdengan teknologiinjeksibahan bakar.
  • Timor
Program mobnas paling terkenal milikPT Timor Putra NasionalmilikHutomo Mandala Putrayang didukung penuh oleh pemerintah Suharto melalui kebijakan resmi (Keppres dan inpres). Rencanan untuk mengembangkan mobil asli Indonesia diwujudkan dalam programTimor S2.
  • Kancil
Kancil merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat. Pernah diharapkan sebagai penggantiBajajdanbemokarena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta. Sayang Kancil tidak mendapat tanggapan yang cukup baik dari pemkot Jakarta ataupun masyarakat.
  • Tawon
Mobil yang diproduksi oleh PT Super Gasindo di Rangkasbitung, Banten ini, menggunakan bahan bakar bensin dan gas CNG, jadi sudah memenuhi standardisasi Euro III, sehingga ramah lingkungan. Mobil ini berkapasitas 650cc, 4 percepatan manual, dapat dipacu hingga kecepatan 100km/jam. Konsumsi gasnya 1kg untuk 20km. Mobil Nasional yang sudah mengandung 90% kandungan local.
  • Komodo
Komodo adalah kendaraan segala medan produksi PT. Fin Komodo Teknologi, kendaraan ini di desain untuk menjelajah segala medan dan bermesin hanya 180 cc. Pada tahun 2009 dikeluarkan juga Komodo versiTransmisi otomatis dengan mesin berkapasitas 250 cc. pada tahun 2009 Komodo ditawarkan dengan harga antara Rp 60 juta.
  • Esemka
Esemkaadalah produk mobil nasional (Mobnas) hasil rakitan siswa-siswaSekolah Menengah Kejuruan(SMK) yang bekerja sama dengan institusi dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal berkisar antara 50-90%.
  • Tucuxi
Txuci merupakan salah satu mobil listrik nasional. Purwarupanya dibuat olehDanet Suryatamadi Jogjakarta. Tanggal5 Januari2013,Tucuximengalami kecelakaan saat diuji coba oleh Menteri NegaraBUMNDahlan Iskan
0 Komentar untuk "Inilah Sejarah Panjang Mobil Nasional Indonesia"

Back To Top